Wisata Alam di Majalengka

Kumpulan 7 Wisata Alam di Majalengka, Jawa Barat yang Paling Populer

Posted on

Majalengka merupakan sebuah kawasan yang berada di bagian paling timur provinsi Jawa Barat. Nyatanya walau terletak di ujung, Majalengka merupakan sebuah kawasan yang memiliki segudang potensi wisata didalamnya. Tempat wisata alam yang sangat indah dapat Anda temukan di Majalengka.

Karena itu Majalengka dengan sebutan sebagai kota angin menjadi salah satu wilayah yang senantiasa didatangi oleh para pengunjung dari berbagai daerah. Utamanya mereka yang tertarik untuk melepas hiruk pikuk kota dan mendapatkan ketenangan akan datang berkunjung dan menikmati berbagai potensi wisata alam yang ada di Majalengka. Jika Anda juga tertarik untuk datang berwisata di Majalengka, berikut beberapa wisata alam di Majalengka yang paling populer dan wajib Anda kunjungi!

Daftar Wisata Alam di Majalengka Paling Populer

Wisata Curug Muara Jaya

Wisata alam di Majalengka yang satu ini lokasinya berada di lereng gunung Ciremai dan bisa menjadi salah satu alternatif wisata alam yang dapat Anda kunjungi di Majalengka. Perjalanan untuk sampai di puncak Curug Muara Jaya memang menguras tenaga akan tetapi Anda tak akan pernah kecewa walau sudah menempuh perjalanan yang panjang mengingat ketika sampai di lokasi air terjun semua penat akan langsung hilang menyaksikan keindahan air terjun yang tersaji dan terhampar di depan mata.

Air terjun di Curug Muara Jaya ini memiliki dua tingkatan yang mana tingkatan pertama mengalir dari sebuah tebing batu dengan ketinggian 60 meter sementara tingkatan yang kedua mengalir dari sebuah tebing batu dengan ketinggian mencapai 13 meter. Tidak hanya itu saja, terdapat juga sebuah hamparan kebun sayur milik warga yang juga akan menjadi sebuah pemandangan terbaik dan memanjakan mata Anda. Yang menarik lagi bahwa di curug ini pada setiap tahunnya senantiasa diadakan upacara Pareresan yang diselenggarakan oleh warga setempat yang menjadi sebuah tradisi syukuran pasca panen berlangsung. Tentunya berbagai pengalaman berharga bisa Anda temukan ketika datang berkunjung ke tempat wisata ini di Majalengka.

Curug Muara Jaya
image source @aditpw23

Wisata Kebun Teh Cipasung

Anda yang sedang berkunjung di Majalengka dan ingin mendapatkan suguhan keindahan alam yang tak ada duanya dapat langsung ke Wisata Kebun Teh Cipasung. Lokasi yang satu ini merupakan sebuah lokasi wisata alam di Majalengka yang sangat instagramable. Potret keindahan alam yang tak ada duanya akan Anda temukan. Tentunya kesan nuansa alam hijau dan teduh yang cocok Anda sambangi semuanya dapat Anda saksikan dengan berkunjung kemari. Disini Anda dapat menikmati udara segar sembari berjalan – jalan keliling area kebun teh yang memiliki luas mencapai 58 hektar ini.

Wisata Kebun Teh Cipasung dengan keteduhan dan keindahan alamnya juga seringkali menjadi sebuah lokasi untuk tempat foto prewedding. Lokasi Kebun Teh Cipasung ini berada di Desa Cipasung, Kecamatan Lemahsugih, Majalengka, kabupaten Ciamis. Jika Anda ingin masuk ke lokasi wisata Anda perlu bayar sebesar 3.500 rupiah saja.

Kebun Teh Cipasung
image source @iyanindra1

Wisata Gunung Ciremai

Bagi Anda yang mengaku merupakan seorang pendaki gunung, maka berwisata di Gunung Ciremai adalah keharusan. Wisata Gunung Ciremai ini merupakan puncak tertinggi di Jawa Barat yang pastinya akan memberikan suguhan keindahan alam yang luar biasa. Pemandangan indah ala negeri diatas awan juga akan Anda temukan.

Gunung Ciremai
image source @rizkysutek25_

Secara administratif, wisata yang satu ini masuk di wilayah kabupaten Majalengka dan kabupaten Kuningan. Untuk dapat sampai di puncaknya memang butuh pengorbanan yang besar namun setelah sampai di puncak, keindahan khas puncak gunung tertinggi akan membuat Anda melupakan semua pengorbanan yang telah Anda keluarkan untuk sampai disini.

Wisata Gunung Panten

Objek wisata Gunung Panten ini memiliki jarak kurang lebih sekitar 7 km dari pusat Majalengka yang merupakan salah satu spot paralayang terpopuler yang dapat Anda temukan di Jawa Barat. Disini bahkan telah beberapa kali diadakan pertandingan paralayang dan gantole tingkat nasional karena itu jangan heran kalau wisata Gunung Panten ini menjadi salah satu icon Majalengka yang terkenal. Jika datang berkunjung kemari para pengunjung juga dapat mencoba untuk terbang tandem yang tentunya akan membuat Anda bisa merasakan sensasi melayang di udara yang tak ada duanya. Pengalaman yang tentunya akan membuat Anda sulit melupakannya.

Gunung Panten Majalengka
image source @infomjlk

Wisata Panyaweuyan Argapura

Disini Anda akan temukan pemandangan yang sangat menarik. Hijaunya areal persawahan dan terasiring yang ada di sekitarnya akan membuat Anda mendapati suatu pengalaman wisata menakjubkan. Temukan hamparan hijau berpadu langit biru yang tentu akan membuat Anda berdecak penuh kekaguman ketika datang berwisata kemari. Saking indahnya pesona Panyaweuyan Argapura bahkan sampai banyak orang yang mengatakan jika tempat ini merupakan Bukit Bintangnya Majalengka. Tertarik untuk datang berwisata kemari?

Untuk Anda yang tertarik datang berkunjung kemari, Anda harus tahu bahwa wisata Panyaweuyan Argapura ini merupakan sebuah tempat wisata yang buka setiap hari. Waktu yang paling tepat untuk datang berkunjung kemari adalah di pagi hari menjelang matahari terbit. Disini Anda dapat menikmati suasana syahdu dengan berteman kabut sesaat sebelum matahari menampakkan sinarnya. Jelas suguhan berbagai pemandangan luar biasa indah sejauh mata memandang semuanya akan dapat Anda temukan disini. Kemudian di sebelah barat, hijaunya Lembah Cilongkrang yang segar dapat menjadi sebuah objek yang sangat pas untuk Anda bidik. Sementara bergeser ke arah timur, Gagahnya Gunung Ciremai hadir untuk menjadi pelengkap moment intim Anda bersama alam.

Panyaweuyan Argapura
image source @idhayhidayat

Wisata Situ Sangiang

Situ Sangiang merupakan sebuah tempat wisata yang masuk ke kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Lokasi wisata Situ Sangiang tepat berada di Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka. Situ ini merupakan sebuah danau terluas yang dapat Anda temukan di Majalengka. Terdapat juga sebuah tempat berupa agrowisata jagung dan susu murni disini. Satu hal yang Anda juga perlu tahu tentang keunikan Situ Sangiang bahwa tempat wisata yang satu ini selain menjadi sebuah tempat wisata alam juga menjadi salah satu destinasi religi. Hal ini karena terdapatnya makam Sunan Parung yang merupakan tokoh yang ada kaitannya dengan sejarah perkembangan Islam di bumi Majalengka. Jadi, manfaat wisata double dapat Anda temukan disini!

Situ Sangiang
image source @ucilharby

Wisata Telaga Nilem

Objek wisata Telaga Nilem ini alamatnya berada di Desa Jerukleuet, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Telaga Nilem ini menawarkan keindahan warna air biru yang memantulkan bayangan pohon rimbun di sekelilingnya. Telaga Nilem saking indahnya disebut juga sebagai salah satu surga tersembunyi yang ada di tatar Sunda. Karena itu jangan heran jika tempat ini banyak didatangi oleh traveler muda karena tempat yang sangat instagenik tersaji. Hasil foto yang luar biasa keren tak lupa akan Anda dapatkan disini.

Telaga Nilem Majalengka
image source @omanku

Wisata Tebing Cadas Gantung

Ada banyak orang yang mengatakan kalau Tebing Cadas Gantung ini merupakan sebuah tempat wisata alam di Majalengka yang keindahannya menyaingi Tebing Keraton di Bandung. Tebing Cadas Gantung di Majalengka lokasinya berada di Desa Mirat, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka. Di tempat wisata ini Anda dapat menikmati hamparan pemandangan hijau nan luas dari atas ketinggian. Tempat wisata yang satu ini tentunya tak hanya keren akan tetapi juga cocok menjadi area untuk berkemah.

cadas gantung majalengka
image source @egimoto_

Anda yang sedang mencari tempat wisata alam di Majalengka datang saja ke beberapa destinasi wisata terbaik diatas. Selamat berkunjung dan dapatkan pengalaman berharga datang ke tempat wisata terbaik diatas sobat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *