KULINER- Pare merupakan salah satu jenis sayuran yang biasanya dimakan sebagai lalapan, baik itu diolah dahulu maupun langsung dimakan secara mentah, namun dibalik itu pare memiliki manfaat, Berikut Manfaat pare untuk kesehatan tubuh .

Tanaman pare tumbuh merambat dan menjalar tanaman ini dapat mudah tumbuh dan tidak menggunakan penanganan yang khusus. Pare terkenal dengan rasa pahitnya, rasa pahitnya tersebut berasal dari kandungan senyawa Cucurbitacins. Kandungan lainnya adalah protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, C dan K, likopen, fitokimia, kalori, serat, mineral, serta antioksidan.

Tapi memakan pare sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil, karena pare mengandung zat kina yang dapat merangsang penyusutan rahim sehingga tidak baik dikonsumsi ibu hamil karena dapat mengakibatkan keguguran pada janin.

Berikut ini beberapa manfaat pare untuk kesehatan tubuh versi ayopiknik.id:

• Melancarkan pencernaan

Pare mengandung asam trichosanat dan momordicin yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan dalam lambung dan menambah nafsu makan.

• Menghambat perkembangan AIDS

Berdasarkan penelitian Protein alpha momocharin atau MAP 30 yang terkandung didalam buah pare dapat mengurangi penyebaran penyakit AIDS.
• Mencegah kanker pancreas

Ekstrak pare dapat membantu pancreas memblokir proses glukosa menjadi energi sehingga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker
asupan phytonutrients, dapat meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan penyakit dan membantu tubuh bekerja lebih baik.

• Membantu menjaga keseimbangan gizi

Buah Pera mengandung phytonutrient, dan dengan asupan phytonutrients, dapat meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan penyakit dan membantu tubuh bekerja lebih baik.

• Mengobati malaria

Kandungan karbohidrat dan albiminoid dalam pare membantu mengurangi malaria sehingga dapat membatu proses penyembuhan penyakit mematikan tersebut.

BACA JUGA: Lima Cara Menghilangkan Bau Jengkol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here