Buah yang Sebaiknya Dibatasi selama Bulan Puasa Ramadhan

0
87
Buah yang Sebaiknya Dibatasi selama Bulan Puasa
Buah yang Sebaiknya Dibatasi selama Bulan Puasa ilustrasi Pixabay

RAGAM– Walaupun kaya akan nutrisi, vitamin dan mineral, serta juga serat ternyata ada beberapa Buah yang Sebaiknya Dibatasi selama Bulan Puasa Ramadhan.

Buah selama bulan puasa dapat menambah energi membuat kenyang lebih lama, dan menjaga kesehatan pencernaan, namun ada beberapa jenis buah dapat dikonsumsi dalam jumlah banyak selama bulan puasa terutama jika kamu mengidap penyakit asam lambung, maag, atau gangguan pencernaan lainnya.

Apa saja sih buah yang sebaiknya dibatasi saat puasa? Berikut ini di antaranya:

  1. Buah-buahan Citrus

Buah-buahan citrus memang kaya akan vitamin, antioksidan, serta berbagai nutrisi lainnya. Namun, jenis buah ini sebaiknya dibatasi konsumsinya, terutama saat berbuka puasa atau saat perut sedang kosong.

BACA JUGA: Dongeng Anak Indonesia||Bebek Bersahabat dengan Lebah

Sebab, buah-buahan citrus memiliki sifat asam dan dapat mengiritasi lapisan perut, serta menyebabkan masalah pencernaan. Beberapa contoh buah-buahan citrus adalah jeruk, lemon, jeruk nipis, grapefruit, dan buah clementine.

  1. Buah yang Mengandung Sorbitol

Sorbitol adalah sejenis gula alkohol yang secara alami terkandung dalam beberapa buah. Meski namanya “alkohol”, bukan berarti gula ini mengandung alcohol.

Gula jenis ini sebenarnya baik untuk tubuh dan pada kebanyakan orang tidak menimbulkan masalah yang berarti. Bahkan, justru bisa memberi banyak manfaat kesehatan selama dikonsumsi secukupnya.

Namun, beberapa orang tidak dapat menyerap gula jenis ini dengan baik, sehingga bisa menyebabkan gas dan kembung.

BACA JUGA: Rekomendasi Trend Warna dan Model Baju Lebaran Tahun 2022

Buah-buahan yang mengandung sorbitol adalah apel, pir, anggur, plum, apricot, alpukat, stoberi, cherry, blackberry, dan beberapa buah kering seperti prune, kismis, dan kurma adalah beberapa Buah yang Sebaiknya Dibatasi selama Bulan Puasa Ramadhan.

  1. Buah yang Mengandung Getah
BACA JUGA:   Pedas ekstrim, Ayam Bakar Si Bungsu ITB Bandung

Buah yang mengandung getah dapat menimbulkan gas dalam pencernaan, sehingga menyebabkan perut kembung. Terutama jika dikonsumsi berlebihan, jenis buah ini dapat mengganggu kenyamanan dalam berpuasa.

Jadi, sebaiknya batasi konsumsi buah yang mengandung getah, baik saat sahur ataupun berbuka. Beberapa buah yang mengandung getah adalah nangka dan cempedak.

  1. Buah yang Difermentasi

Buah yang sudah diolah dalam kaleng umumnya sudah terkontaminasi dengan campuran bahan lain, seperti pemanis buatan dan garam. Selain itu, sebagian besar buah kalengan atau buah yang telah difermentasi cenderung memiliki rasa asam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here