Daftar Jajanan Khas Jawa Barat Yang Harus Anda Cicipi, Jangan Sampai Nyesel Karena Belum Nyoba

0
167
Daftar Jajanan Khas Jawa Barat Yang Harus Anda Cicipi

RAGAM- Jawa barat terkenal dengan aneka Kuliner enaknya, Banyak Jajanan Khas Jawa Barat yang memiliki citarasa yang unik dan sayang untuk dilewatkan sehingga harus anda cicipi jika berkunjung ke Jawa Barat.

BACA JUGA: Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya dapat Memicu Sel Kanker

Berikut Jajanan Khas Jawa Barat Yang Harus Anda Cicipi yang dirangkum Ayopiknik.id:

  1. Cilung

Makanan yang satu ini merupakan singkatan yang artinya “aci digulung”. Makanan ini dibuat dari terbuat dari adonan tepung kanji cair. Cilung dibuat dengan menuangkan adonan ke atas wajan tanpa diberi minyak, didiamkan beberapa detik diberi bumbu dan isian seperti telur dan sosis, lalu digulung menggunakan tusuk sate dan siap disajikan. Dan Rasanya enak dan kenyal saat dimakan. Dan tentu saja rasanya terjangkau.

BACA JUGA: Sejarah Raja Airlangga Pendiri Kerajaan Kahuripan, Pelajaran Sejarah SD/MI

  1. Es Goyobod

Minuman dingin Ini berasal dari Jawa Barat. Minuman ini terbuat dari es serut, santan, gula cair, dan sari pati kacang hijau yang dibekukan, bahan lainnya termasuk avokad dan kelapa yang diparut. Beberapa orang percaya bahwa  berasal dari bahasa Belanda yang berarti “basah”. Namun jika mengutip dari kamus Bahasa Sunda RA Danadibrata kata “goyobod”  berarti campuran minuman yang terbuat dari tepung kanji (aci) diiris berbentuk persegi, dicampur sirup dan gula merah. Rasa dari Es goyobod yaitu manis dan juga menyegarkan terlebih jika diminum saat siang hari dan masuk dalam daftar Daftar Jajanan Khas Jawa Barat Yang Harus Anda Cicipi

3. Bandros

Bandros adalah jajanan yang dibuat dari  tepung beras dan campuran kelapa. Bentuk dari kue bandros sama dengan kue pancong yang membedakan adalah rasanya. Rasa dari kue bandros adalah asin dan gurih. Makanan ini sangat enak jika dimakan pada saat dipadukan dengan gula putih dan secangkir kopi.

BACA JUGA:   Inilah Roti Jhon Enak di Subang Yang Harus Dicoba

BACA JUGA: Viral video siswi SMP di Makassar Berkelahi, Ternyata Ini Faktanya

  1. Odading

Odading adalah makanan berupa makan padat dan memiliki rasa manis. Odading dibuat dari terigu, telur, gula pasir,dan ragi. Odading bisa disajikan dengan taburan biki wijen dan diisi dengan isian seperti coklat dan gula merah.Karena adonannya yang padat jajanan ini dapat digunakan untuk mengisi perut saat lapar terlebih lagi ditemani secangkir teh dan kopi.

  1. Cilor

Cilor adalah jajanan khas Bandung yang dibuat dari adonan tepung kanji ,di campur telur lalu digoreng. Jajanan ini sangat tekenal dikalangan anak-anak dan juga remaja. Selain rasanya yang enak harganya relatif terjangkau. Banyak pengusaha yang memiliki ide untuk membuat usaha cilor ini berkat kepopuleranya sehingga masuk dalam Daftar Jajanan Khas Jawa Barat Yang Harus Anda Cicipi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here