Harus Tau, Begini Cara Membedakan Telur Asin Berkualitas Tinggi

Harus Tau, Begini Cara Membedakan Telur Asin Berkualitas Tinggi

KULINER-Kita pastinya sudah tak asing dengan telur asin berkualitas tinggi asal Brebes. Belum lama ini, telur asin ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) oleh Kemdikbud Indonesia.

Telur gurih ini ternyata punya sejarah panjang hingga akhirnya populer sebagai makanan kekinian.

Sejarah telur asin berawal tradisi warga keturunan Tionghoa dalam mengawetkan bahan makanan termasuk telur.

BACA JUGA: Punya Masalah Kolesterol Tapi Hobi Makan Telur, Ini Akibatnya

Dirangkum dari beberapa sumber ternyata  resep telur asin kuno ditemukan di China lewat Qimin Yaoushu yakni teks pertanian China kuno. namun untuk di Indonesia sendiri dipercaya mulai berkembang sejak tahun 1950-an oleh Pasangan suami istri In Tjiau dan Tan Polan Nio membuka usaha telur asin berkualitas tinggi pertamanya di Brebes.

Dilansir dari Wikipedia Telur asin adalah istilah umum untuk masakan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan. Kebanyakan telur yang diasinkan adalah telur itik, meski tidak menutup kemungkinan untuk telur-telur yang lain. Telur asin baik dikonsumsi dalam waktu satu bulan.

BACA JUGA: Lima Makanan Tradisional Khas Indonesia dan Daerah Asalnya

Adapun untuk telur asin berkualitas tinggi memiliki ciri-ciri bagian kuning telur berwarna jingga terang hingga kemerahan, “kering” (jika digigit tidak mengeluarkan cairan), tidak menimbulkan bau amis, dan rasa asin tidak menyengat.

admin

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: