Inilah Nasi Jamblang Enak di Cirebon yang Harus Dicoba

0
79

KULINER- Nasi jamblang enak di Cirebon, mungkin itu yang pecinta kuliner cari ketika berkunjung ke kota Cirebon.

Nasi Jamblang Mang Dul, adalah salah satu tempat kuliner enak di Cirebon yang direkomendasikan oleh ayopiknik.id yang menyajikan nasi jamblang enak dengan banyak lauk yang bisa menjadi pilihan pengunjung.

Beralamat di Jalan Doktor Cipto Mangunkusumo No.8, Pekiringan, Kesambi, Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45131, tempatnya berada di pusat kota Cirebon dan tidak jauh dari Garage Mall.

APA ITU NASI JAMBLANG

Mungkin ada kawanpiknik yang belum mengetahui apa itu nasi jamblang. Secara singkat nasi jambalang adalah makanan khas dari kota Cirebon yang merupakan nama daerah di wilayah barat Kota Cirebon.

Yang menjadikan kuliner enak satu ini berbeda dengan lainya, yaitu cara penyajianya dengan daun jati sebagai pembungkus nasi dan disajikan dengan cara prasmanan.

BACA JUGA: Rekomendasi Nasi Timbel Enak di Subang, Timbel Citra Rasa

SEJARAH NASI JAMBLANG

Mungkin banyak juga pecinta kuliner yang belu mengetahui asal usul terciptanya nasi jamblang.

Pada masa penjajahan Belanda nasi Jamblang awalnya di berikan kepada para pekerja paksa yang bekerja untuk membangun jalur Anyer ke Panarukan yang digagas oleh Daendels.

Penggunaan daun pohon jati sebagai pembungkus nasi bertujuan agar nasi tetap pulen walaupun telah dibungkus lama, hal tersebut karena pohon jati memiliki pori-pori yang besar.

BACA JUGA: Menikmati Nasi Timbel Enak di Pinggir Masjid Berbentuk Ka’bah

RASA 

Nasi jamlang Mang Dul memilki rasa yang enak sehingga banyak dikunjungi oleh pecinta kuliner dari berbagai wilayah, baik itu warga Cirebon maupun wisatawan yang dating ke Cirebon.

Nasi jamblang enak di Cirebon, mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan rasa Nasi Jambalng Mang dul. Biasanya sebagai pendaping nasi tersedia sate kerang, telur dadar, tahu, tempe, paru, semur ati, daging dan sambal goreng.

TEMPAT

Untuk tempat Nasi jamlang Mang Dul tempatnya tidak terlalu besar hanya sebuah ruko sedang dengan beberapa dertan meja dan kursi, sehingga makan disni sedikit “diburu-buru” karena ketika kita baru selesei makan piring dan gelas langsung di bereskan walapun baru satu orang dari rombongan yang baru selesei makan. Alurnya terlalu cepat seolah kita di buru-buru.

Untuk lokasi parkir juga ada di sebelah ruka karena kita tidak bisa parker didepan ruko atau lokasi Nasi jamlang Mang Dul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here