Kisah Tabib Sakti Mbah Djugo yang Berhasil Mengobati Wabah Kolera di Pulau Jawa

0
360
Kisah Tabib sakti Mbah Djugo
gambar ilustrasi Pixabay

RAGAM-Pada tahun 1870 dikenal seorang Kisah tabib sakti Mbah Djugo yang mampu mengobati penyakit kolera yang saat itu sedang melanda pulau jawa.

Mbah Djugo muncul di Desa Djugo atau Jugo berada di wilayah Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar. Lokasinya berbatasan dengan Kabupaten Malang sekaligus berdekatan dengan Gunung Kawi.

Beberapa literatur menyebut bahwa nama aslinya adalah Kyai Zakaria 2 yang dipercaya berasal dari Keraton Kartosuro dan merupakan pengawal Pangeran Diponegoro

Djugo juga sendiri sebenarnya adalah nama sebuah desa di wilayah kecamatan Kesamben kabupaten Blitar karena sosoknya muncul di desa tersebut maka ia lebih dikenal dengan nama Mbah Djugo.

Baca Juga: Kisah Aladin Banuali Legenda Perampok Sakti Indonesia yang Dipercaya Memiliki Ilmu Menghilang

Mbah Djugo dikatakan berperawakan Jangkung berkumis dan berjenggot panjang dan kulit yang merah seperti terbakar dan yang menonjol daun telinganya terlihat besar.

Mbah Djugo sering terlihat di ambil kandang sapi di tepi hutan ia sering merenung di tempat tersebut terkadang tiba-tiba masuk saat muncul ia datang menghampiri rakyat jelata dan kemudian mengobati orang yang sedang sakit.

Dalam beberapa kisah Mbah Djugo terkadang memberikan obat menyembuhkan secara langsung dan terkadang memberikan air Bila pasien tidak bisa dating. lambat laun namanya Kian tenar dan semakin dikenal luas kaum kromo atau rakyat jelata.

Kaum Kromo adalah yang paling Menanti kedatangan Mbah Djugo terutama di saat wabah kolera semakin mengganas mereka yang hampir putus asa terus Menanti kedatangan Mbah Djugo.

BACA JUGA:   Berikut Lima Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here