Manfaat dan Kahsiat Daun Serai, Salah Satunya Bisa Atasi Rasa Khawatir

0
176
Manfaat dan Kahsiat Daun Serai
poto ilustrasi pixabay

RAGAM– Daun serai atau (Cymbopogon citratus) adalah tanaman yang kerap digunakan sebagai bahan masakan di kuliner Asia Tenggara. Manfaat dan Kahsiat Daun Serai Juga beragam.

Satu sendok makan serai segar mengandung kira-kira 5 kalori, yang berasal dari karbohidrat, serat, dan protein. Manfaat daun serai juga ada di dunia pengobatan tradisonal

Mineral yang terkandung dalam serai antara lain 3 mg kalsium, 34 mg potasium, 0,2 mg mangan, 2,9 mg magnesium dan 0,4 mg zat besi. Sementara vitamin di dalam serai meliputi vitamin A, C, B9 (folat), dan B3 (niacin).

Manfaat dan Kahsiat Daun Serai

Mengingat kandungan vitamin serai yang relatif terbatas, mengonsumsi serai tidak akan memberi efek yang khusus pada kecukupan vitamin harian tetap dibutuhkan asupan vitamin dari makanan lainnya.

serai juga sering dijadikan minyak serai. Jika minyak ini dipakai untuk memasak, kandungan kalorinya akan lebih tinggi.

Sebab, minyak serai biasanya sudah merupakan campuran minyak goreng atau minyak kanola dengan ekstrak serai. Dalam 1 sendok teh minyak serai, bisa terdapat 40 kalori dan 4,5 gram lemak.

Jika ingin memakai daun serai dalam minuman atau sup, hancurkan bagian bawah batang daun serai agar harum serainya lebih keluar lalu celupkan ke dalam hidangan.

Sementara untuk dipakai sebagai bumbu masakan, serai bisa dimasak utuh atau dipotong-potong dan dicincang terlebih dahulu sebelum dicampur dalam masakan.

BACA JUGA:   Hobi Makan Manis Bikin Diabetes? Berikut Faktanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here