Misteri Tiga Sumur di Makam Eyang Ranggadipa Selahaur Yang Selalu Ramai Dikunjungi Pejiarah

Misteri Tiga Sumur di Makam Eyang Ranggadipa Selahaur Yang Selalu Ramai Dikunjungi Pejiarah

WISATA RELIGI- Dipercaya sebagai sosok penyebar agama islam, Makam Eyang Ranggadipa di Kampung Selahaur Desa Jabong Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang Jawa Barat selalu ramai dikunjungi pejiarah.

Pejiarah ke Makam eyang Ranggadipa Selahaur bukan hanya berasal dari warga sekitar, namun dari berbagai wilayah bahkan luar kabupaten Subang. Pejiarah akan ramai terutama pada jumat kliwon.

BACA JUGA: Misteri Angkernya Jalan Cibuang Subang Yang Sering Dijadikan Tempat Pembuangan Mayat

Siapa Sosok eyang Ranggadipa ini, mungkin ada yang belum mengetahua. Dilansir dari Disparbud Jawa Barat dan cerita dari berbagai sumber

Eyang Rangga Dipa konon adalah prajurit mataram dibawah kekuasaan raja sultan agung yang ikut dalam penyerangan ke Batavia pada tahun 1628 yang saat itu di kuasai oleh belanda.

BACA JUGA: Misteri Goa Dalam Pohon Angsana Berusia Ratusan Tahun

Pada penyerangan pertama tersebut Mataram mengalami kekalahan, namun pada serangan kedua pada tahun 1629 pasukan Mataram mendapat bantuan dari pasukan Dipati Ukur dan Bahu Reksa (angkatan Laut Aceh) dan bisa memenagkan pertempuran.

Setelah mendapat kemenangan dari pertempuran dengan Belanda, semua pasukan kembali ke daerahnya masing-masing namun eyang rangga dipa bersama bersama istri dan dua anaknya terdampar di Dusun Selahaur.

Kemudian mereka bermukim dan membuka lahan pertanian di daerah tersebut hingga akhirnya wafat dan dimakamkan di tempat tersebut.

Disekitar makam Eyang Rangga Dipa terdapat tiga buah sumur yaitu sumur Kejayaan, Awet muda dan pengasihan yang biasanya digunakan untuk mandi oleh pejiarah yang datang ke makam eyang rangga dipa

admin

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: