Sejarah Terciptanya Alat Musik Toleat Asal Subang

Sejarah Terciptanya Alat Musik Toleat Asal Subang

SENI BUDAYA– Toleat merupakan permainan anak gembala didaerah pantura (Pamanukan) Kabupaten Subang.

Dilansir Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang dari Terbentuknya Toleat diilhami dari empet-empetan, yaitu alat musik tiup yang dimainkan oleh anak gembala yang terbuat dari jerami padi yang telah dipanen (empet-empetan).

Adapun pengertian toleat seperti dilansir Wikipedia adalah jenis alat musik tiup (Aerophone reed tunggal) dan sebagai alat musik tradisional yang digali dari tradisi masyarakat Pamanukan, Kabupaten Subang.

BACA JUGA: Negeri Diatas Awan, Indahnya Bukit Pamoyanan Subang

Tolet ini hamper mirip dengan Seruling namun suaranya mirip saxophone, memainkanya cukup sulit hanya ada dua orang yang dikenal mahir memainkannya yaitu Mang Parman dan Pa Asep Nurbudi (Asep Oboy).

Empet-empetan telah mengalami beberapa tahapan evolusi dan pekembagannya menjadi Toleat terbuat dari bahan congo awi (ujung bambu ) dan awi  tamiang (bambu untuk suling).

Dalam periode “kalangenan” toleat merupakan alat untuk menghibur diri, kemudian masuk kedalam periode pintonan, toleat diangkat diatas pentas menjadi sebuah sajian hiburan pada acara tertentu; acara hiburan apresiasi dimasyarakat umum maupun masyarakat akademis.

Didalam periode kontemporer, bentuk sajian alat musik toleat dapat digabungkan (kolaborasi) dengan alat musik tradisional, maupun alat musik non tradisional ( modern )

admin

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: