Tamansari Kopi dan Roastery Subang Sediakan Olahan Kopi Lokal

0
69
Tamansari Kopi dan Roastery Subang
Tamansari Kopi dan Roastery Subang

KULINER– Tamansari Kopi dan Roastery Subang beralamat di Jl. Tamansari II No.94, Pasirkareumbi Subang menyediakan olahan pilihan kopi lokal yang tak kalah enak, dengan kafe-kafe kopi besar lainnya

Owner dari Tamansari Kopi, Reiza Permanda Gulfa melakukan gebrakan dengan mendirikan kedai kopi sederhana, yang menjual minuman kopi yang diolah dari biji-biji kopi lokal pilihan.

BACA JUGA: Daftar Jajanan Khas Jawa Barat Yang Harus Anda Cicipi, Jangan Sampai Nyesel Karena Belum Nyoba

Tak hanya kedai kopi, owner Tamansari juga mendirikan usaha Coffee Roastery. Coffee Roastery adalah pihak atau bisnis yang mengolah biji kopi mentah langsung dari petani melalui proses roasting atau sangrai menjadi produk kopi siap konsumsi. Produk utama dari Tamansari Coffee Roastery adalah roasted been atau biji kopi sangrai.

“Saya bergerak di bidang kopi dari tahun 2018 sampai sekarang 2022. Motivasi awal itu, dari hobi terus menjadi sumber penghasilan yang utama. Semuanya saya otodidak. Dari pertama menyeduh kopi. Menyeduh kopi kan ada dua ya ada barista ada brewer. Brewer itu kan untuk manual brewing ya, saya sendiri belajar liat-liat youtube, literasi, terus nanya ke senior-senior juga,” ujar owner Tamansari Kopi dan Roastery Subang Reiza seperti dilansir Pasundan ekspres

Tempat Ngopi di Subang

Reiza mengaku belum puas di kedainya sampai-sampai buat alat roasting. Awalnya, alat roastingnya belum sebesar ini. Awalnya di support sama Lipi Subang yang sekarang itu Brin. “Brin welcome banget sama masyarakat, apalagi sama UMKM-UMKM yang kreatif di bidang industri pangan. Kopi kan termasuknya pangan juga,” jelasnya.

Reiza sudah dikasih pinjam beberapa bulan untuk peralatannya. “Alhamdulillah, punya konsumen saya beli sendiri mesin roasting. Bahan-bahan kopinya juga masih dari petani lokal Kabupaten Subang yaitu Cisalak, Tanjungsiang, Kasomalang. Kalau untuk robustanya Kasomalang sama Cisalak, kalau arabicanya Cisalak sama Ciater,” tuturnya.

BACA JUGA:   Menikmati Ayam Bakar di Saung Liwet Bancakan Pagaden

BACA JUGA: Dongeng Anak Indonesia||Bebek Bersahabat dengan Lebah

Dalam perjalanan usahanya, Reiza menceritakan, sebenarnya untuk terjun di dunia kopi itu tidak mudah dan tidak murah. Tapi kalau misalnya sudah tahu ilmunya berarti tidak masalah. “Alhamdulillah saya sekarang sudah bisa meroasting kopi sendiri dan bisa menyuplai biji kopi ke kedai-kedai lain juga,” ungkap owner Tamansari Kopi dan Roastery Subang Reiza.

Bagi pecinta kopi sejati, tidak jarang mereka memilih untuk membeli kopi bubuk atau biji kopinya langsung dari coffee roastery. Kualitas kopinya yang lebih segar, serta coffee roastery juga hanya akan mengolah biji kopi yang dimilikinya, sesuai jumlah pesanan dan tidak disimpan dalam waktu yang lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here